Feelings

Surat Cinta Buat Sarah dan Gadis

Sarah Soeprapto and Gadis Azzahra (I am too lazy to put proper credit on this picture yoooo)

                       Kamu nggak tahu bahwa dengan kamu ‘ada’ saja, kamu telah membuat orang lain juga tetap ‘tinggal’. Itu adalah ‘keberadaanmu’, ‘kehidupanmu’ yang menginspirasi orang lain untuk ‘ada’ dan ‘hidup’ juga. Itu adalah semburan passionmu, cintamu yang muncrat pada apa-apa yang kau kerjakan. Cintamu bergeletakan menyala neon di ruang-ruang daring: Instagram, Twitter, Tumblr, Medium, LinkedIn, WordPress… Begitu tergapai untuk kemudian aku memungutinya dan menyesap sari-sari passion yang meleleh darimu – tulisan, gambar dan aktivitas hari-hari – perjuangan.
            Dengan begitulah aku hidup : melalui sesapan darah unicorn – kalian.
            Desember 2016 adalah pertemuanku dengan kalian – Sarah dan Gadis, dua nama sejak dulu-dulu menurutku selalu cantik. Aku duduk di bangku Skale Creative Space yang tidak nyaman, mataku mengantuk sebab aku telah berangkat ke Surabaya sejak pukul 6, namun otakku tidak menyerah. Ada sesuatu dari cara kalian bicara, bergerak – itu passion, itu sebuah keyakinan – agama.
Sejak saat itu aku murtad.
            Kalian adalah bukti hidup bahwa sangat mungkin ada dan diterima dengan passion, bahwa idealisme dan mimpi tidak serta merta membuat individu terasing dari masyarakat – justru idealisme dan mimpi itu yang akan membuat individu terhubung dengan masyarakat.
            Kalian memberiku sensasi kehidupan – yang kerap kali nyala-padam-nyala-padam dalam diriku. Dan sensasi kehidupan itu bertahan sepanjang tahun berikutnya, berikutnya lagi, lagi dan lagi. Hanya karena aku ingat kalian ‘ada’.
            Dan, lihatlah betapa kuat nyala cinta kalian, menggetar melewati beribu kilometer, menembus beton dan kabut, menembus kebencian dan kegelapan kota.
            Kalian adalah lilin-lilin kecil, yang memberi cahaya untuk kehidupan lilin-lilin lain. Demi dunia dan orang-orangnya yang kukasihi, dan demi diriku sendiri, kumohon, hiduplah.


 

(This writing originally posted in Wattpad on 2018, March.)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *