Travel Diary

Mendengar Bisik Gurun Pasir di Pantai Oetune

Pantai Oetune adalah salah satu pantai di Kabupaten Timor Tengah Selatan atau disingkat TTS (udah kayak teka-teki silang aja). Pantai sejenis Oetune baru saya temui, yakni pantai yang punya gurun pasir bak gurun di negara Timur-Tengah. Ada yang bilang Pantai Oetune mirip Gumuk Pasir di Yogyakarta. Ada miripnya sih. Bedanya, …

Travel Diary

Tersedak Biru di Pantai Kolbano

“Apa bedanya dengan di Jawa? Di Jawa juga banyak pantai” Untuk kesekian kali saya punya bukti untuk mematahkan lontaran tersebut. Sebab memang nyatanya pantai di Nusa Tenggara Timur beda dengan pantai di pulau saya lahir. Kali ini saya pergi ke Pantai Kolbano bersama rombongan ibu-ibu. Ibu-ibu pengajian, saya menyebutnya. Yang spesial, kali ini …

Esai personal

Hobi Tidak Harus Menghasilkan Uang, Yang Penting Kamu Suka

Mula-mula aku menulis karena suka. Mempublikasi tulisan di internet adalah cara yang menyenangkan agar karyaku dibaca. Sebuah suka cita yang nyata ketika seseorang meninggalkan komentar atau mengatakan padaku bahwa mereka menyukai karyaku – bahkan kalau hanya ada seorang. Awalnya aku melakukannya karena suka. Namun di dunia kita yang sekarang seperti ada …

Cerpen

Cerpen : Hentikan Pestanya!

Ide meletup–letup dalam kepalaku seperti popcorn. Rasanya semangat sedang melalap isi otakku. Berondong merah terbakar heboh di langit biru. Peluh melelehiku. Aku mendengar Ellie, gadis aneh berambut jabrik, tertawa oleh lelucon–lelucon Adam. Mereka berdua teman sekelasku, dan siang ini aku terjebak bersama mereka dalam proyek PLH –Pendidikan Lingkungan Hidup- yang seharusnya …

Bercerita random

Pengalaman Beli Kasur In The Box Kirim Ke Kupang NTT

Rugi gak sih beli kasur In The Box tapi pengirimannya ke luar Jawa? Apalagi ke wilayah Indonesia bagian timur yang terkenal dengan ongkos kirimnya yang mahal? Menurutku, kasur itu kebutuhan yang sangat penting apalagi kalau kamu statusnya anak rantau. Dengan adanya kerjaan yang kadang bikin capek dan pusing, belum lagi capek …

Esai personal

Dilemma : Menjadi Wirausaha atau Pegawai?

Menjadi wirausaha itu keren. Itu yang kerap dikatakan media, pemerintah ataupun media pemerintah. Alasannya? Wirausaha adalah orang yang independen – ia bisa seenaknya mengatur waktu kerja. Jadi bos untuk dirinya sendiri. Pokoknya tidak seperti karyawan atau pegawai yang pada dasarnya adalah jongos, yang hidupnya disuruh-suruh. Dicitrakan wirausaha itu orangnya kaya …

Review buku

Review Buku : Segalanya Ambyar by Pakdhe Mark Manson

Buku ini ditulis oleh Mark Manson, yang terkenal gara-gara bukunya yang berjudul Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat. Melalui buku ini, Mark mengajak pembaca untuk lebih hati-hati dengan suatu hal yang bernama HARAPAN. Bukan karena harapan seringkali berujung pada kekecewaan (yah, itu salah satunya, sih). Dalam buku ini, Mark berargumen bahwa harapan …

Review film

Menangis Bersama Marina Abramovic

  The Artist is Present ialah performance oleh Marina Abramovic. The Artist is Present juga merupakan judul dari film dokumenter tentang pertunjukan seni yang sama. Siapakah Marina Abramovic? What’s so special about her? Mengenal Marina Abramovic Marina merupakan performance artist kelahiran Serbia, pada 30 November 1946. Dia menjuluki diri sendiri sebagai “grandmother …

Esai personal

Menyantap Makanan di Timor vs Jawa

Setelah beberapa waktu tinggal di Kupang, Nusa Tenggara Timur, saya sering ditanyai sebuah pertanyaan khusus oleh orang-orang setempat.             “Karmana? Enak di NTT atau Jawa?”             Sejujurnya, pertanyaan ini agak menyentil perasaan saya. Pertanyaan itu secara langsung mengingatkan saya soal pembangunan di Indonesia yang masih Jawa-sentris. Saya di Jatim enak-enakan …